Memilih Sheet dalam Workbook
Jika dipilih lebih dari satu sheet
dalam sebuah workbook maka setiap perubahan yang dilakukan pada sheet yang
aktif juga akan terjadi pada sheet-sheet yang dipilih. Jika diisikan data pada
sheet yang aktif, maka data tersebut juga aka terisikan pada sheet-sheet lain
yang dipilih. Berikut ini adalah tabel prosedur untuk memilih sheet.
Sheet yang dipilih :
|
Lakukanlah :
|
Sheet tunggal
|
Klik tab sheet
|
Sejumlah sheet yang berurutan
|
Klik tab sheet pertama, tekan
tombol SHIFT, dan klik tab sheet
terakhir
|
Sejumlah sheet tak berurutan
|
Klik tab sheet pertama, tekan
tombol CTRL.dan klik tab-tab sheet lainnya
|
Seluruh sheet dalam sebuah
workbook
|
Klik sembarang tab
sheet dengan tombol kananmouse, dan pilih Select All Sheets dari menu shortcut
|
Yang dimaksud tab sheet adalah tab yang terletak dibagian bawah windows
workbook yang menampilkan nama sebuah sheet. Klik pada
sheet akan menjadikan sheet tersebut sebagai sheet aktif. Pemilihan lebih dari satu sheet biasanya disebut juga dengan membuat grup
sheet. Fungsi dari grup sheet ini dapat dianalogkan dengan fungsi kertas karbon pada saat mengetik dengan
mesin ketik manual.
Jadi bila dalam sebuah workbook yang dibuat tabelnya dengan format sel yang
cukup rumit dan akan dibuat salinannya yang sama
persis pada sheet-sheet lainnya, maka tidak perlu susah-susah membuat tabel tersebut satu persatu pada masing-masing sheet, juga tak
perlu membuat tabel tersebut dalam sheet yang aktif, yang untuk selanjutnya
mengcopykannya pada sheet-sheet lainnya, karena dengan
cara ini harus lebih berhati-hati untuk mendapatkan sel yang sama untuk sheet
yang satu dengan sheet yang lainnya. Akan tetapi, bila
cukup membuat label tersebut dalam sebuah sheet aktif yang telah dibuat grup dengan sheet lain yang dikehendaki. Bila membuat grup sheet maka pada title bar(judul) workbook akan diberi
tanda "(Group)".
Menyisipkan Worksheet Baru
Dapat
disisipkan satu atau beberapa worksheet sekaligus dalam workbook yang aktif diantara sheet-sheet yang keberadaannya diwakili
oleh tab-tab sheet yang terdapat dibagian bawah window workbook. Untuk menyisipkan sebuah worksheet diantara sheet-sheet yang ada,
ikutilah prosedur berikut:
1.
Klik tab sheet di tempat sebelum
sheet tersebut ingin disisipkan sebuah sheet baru. Sebagai contoh, bila anda
ingin menyisipkan sebuah sheet baru diantara Sheet 1 dan Sheet 2, maka kliklah Sheet 2.
2.
Pilih perintah Worksheet pada menu
Insert.
Bila
hendak disisipkan sejumlah worksheet sekaligus, maka tekanlah tombol SHIFT dan
klik sejumlah sheet sebanyak sheet yang
akan disisipkan. Jadi bila ingin menyisipkan 3 buah sheet diantara Sheet 1 dan
Sheet 2, ikutilah langkah langkah berikut:
1.
Klik Sheet2
2.
Tekan tombol SHIFT dan klik Sheet4
3.
Pilih perintah Worksheet pada menu Insert
Nama-nama
sheet yang digunakan dalam contoh diatas, yaitu Sheetl, Sheet2, dan seterusnya
adalah nama sheet default dengan urutan
sesuai dengan karakter terakhir nama sheet tersebut.
Menghapus Worksheet
Untuk menghapus satu atau beberapa sheet dari sebuah workbook ikutilah
prosedur berikut:
1.
Pilih sheet-sheet yang akan
dihapus
2.
Pilih Delete Sheet dari menu Edit
Mengganti Nama Sheet
Bila merasa jemu
terhadap nama-nama sheet yang ditampilkan pada tab-tab sheet, dapat menggantikannya dengan nama yang lebih sesuai
dengan isi sheet masing-masing, yaitu dengan langkah-langkah berikut:
1.
Dobel klik tab sheet yang akan
diganti
2.
Pilih Delete Sheet dari menu Edit
Untuk mengganti nama sheet, anda juga dapat
melalui perintah Rename dari menu Format | Sheet
Mengcopy dan Memindahkan Sheet
Dalam
mengcopy atau memindahkan sheet, dituntut untuk lebih berhati-hati, karena
perhitungan atau grafik-grafik yang didasarkan pada suatu worksheet mungkin
akan menjadi error. Demikian juga bila memindahkan worksheet diantara
sheet-sheet yang merujuk pada formula 3-D (baris,kolom,sheet). Boleh jadi
hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mengcopy atau memindahkan
sheet-sheet ke dalam workbook lainnya, ikutilah langkah-langkah berikut:
1.
Bukalah workbook yang akan
digunakan untuk menampung hasil peng-copy-an atau pemindahan sheet-sheet.
2.
Lewat menu windows, aktifkan
workbook yang berisi sheet-sheet yang ingin dicopykan atau dipindahkan ke
workbook lain
3.
Pilih sheet-sheet yang akan
dicopykan atau dipindahkan (buatlah grup sheet)
4.
Pilih perintah Move or Copy Sheet dari menu Edit untuk membuka kotak dialog Move
or Copy
5.
Dalam kotak To book, tentukanlah
workbook yang akan digunakan untuk menampung hasil Copy atau pemindahan sheet-sheet.
Untuk meng-copy atau memindahkan
sheet-sheet ke dalam workbook baru, pilihlah New book.
1.
Dalam kotak
Before sheet, pilihlah sheet sebelum sheet
yang dipilih akan disisipkan sheet-sheet yang akan dicopy-kan atau dipindahkan.
2.
Bila ingin mengcopy sheet dan
bukan hanya memindahkannya saja, maka tandailah kotak periksa Create a copy.
Untuk
memindahkan sheet-sheet dalam workbook yang sama, anda dapat mendrag
sheet-sheet yang dipilihke sepanjang tab-tab sheet. Sedangkan untuk mengcopynya, tekanlah juga tombol
CTRL pada saat anda melakukan drag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar