Sabtu, 18 Juni 2016

PENGELOLAAN WORKSHEET

 
 Memilih Sheet dalam Workbook
 
 Jika dipilih lebih dari satu sheet dalam sebuah workbook maka setiap perubahan yang dilakukan pada sheet yang aktif juga akan terjadi pada sheet-sheet yang dipilih. Jika diisikan data pada sheet yang aktif, maka data tersebut juga aka terisikan pada sheet-sheet lain yang dipilih. Berikut ini adalah tabel prosedur untuk memilih sheet.

Sheet yang dipilih :
Lakukanlah :
Sheet tunggal
Klik tab sheet
Sejumlah sheet yang berurutan
Klik tab sheet pertama, tekan tombol SHIFT, dan klik tab sheet terakhir
Sejumlah sheet tak berurutan
Klik tab sheet pertama, tekan tombol CTRL.dan klik tab-tab sheet lainnya
Seluruh sheet dalam sebuah workbook
Klik     sembarang    tab     sheet    dengan    tombol kananmouse, dan pilih Select All Sheets dari menu shortcut

Yang dimaksud tab sheet adalah tab yang terletak dibagian bawah windows workbook yang menampilkan nama sebuah sheet. Klik pada sheet akan menjadikan sheet tersebut sebagai sheet aktif. Pemilihan lebih dari satu sheet biasanya disebut juga dengan membuat grup sheet. Fungsi dari grup sheet ini dapat dianalogkan dengan fungsi kertas karbon pada saat mengetik dengan mesin ketik manual.
Jadi bila dalam sebuah workbook yang dibuat tabelnya dengan format sel yang cukup rumit dan akan dibuat salinannya yang sama persis pada sheet-sheet lainnya, maka tidak perlu susah-susah membuat tabel tersebut satu persatu pada masing-masing sheet, juga tak perlu membuat tabel tersebut dalam sheet yang aktif, yang untuk selanjutnya mengcopykannya pada sheet-sheet lainnya, karena dengan cara ini harus lebih berhati-hati untuk mendapatkan sel yang sama untuk sheet yang satu dengan sheet yang lainnya. Akan tetapi, bila cukup membuat label tersebut dalam sebuah sheet aktif yang telah dibuat grup dengan sheet lain yang dikehendaki. Bila membuat grup sheet maka pada title bar(judul) workbook akan diberi tanda "(Group)".
Menyisipkan Worksheet Baru
Dapat disisipkan satu atau beberapa worksheet sekaligus dalam workbook yang aktif diantara sheet-sheet yang keberadaannya diwakili oleh tab-tab sheet yang terdapat dibagian bawah window workbook. Untuk menyisipkan sebuah worksheet diantara sheet-sheet yang ada, ikutilah prosedur berikut:
1.      Klik tab sheet di tempat sebelum sheet tersebut ingin disisipkan sebuah sheet baru. Sebagai contoh, bila anda ingin menyisipkan sebuah sheet baru diantara Sheet 1 dan Sheet 2, maka kliklah Sheet 2.
2.      Pilih perintah Worksheet pada menu Insert.

Bila hendak disisipkan sejumlah worksheet sekaligus, maka tekanlah tombol SHIFT dan klik sejumlah sheet sebanyak sheet yang akan disisipkan. Jadi bila ingin menyisipkan 3 buah sheet diantara Sheet 1 dan Sheet 2, ikutilah langkah langkah berikut:
1.      Klik Sheet2
2.      Tekan tombol SHIFT dan klik Sheet4
3.      Pilih perintah Worksheet pada menu Insert

Nama-nama sheet yang digunakan dalam contoh diatas, yaitu Sheetl, Sheet2, dan seterusnya adalah nama sheet default dengan urutan sesuai dengan karakter terakhir nama sheet tersebut.
Menghapus Worksheet
Untuk menghapus satu atau beberapa sheet dari sebuah workbook ikutilah prosedur berikut:
1.      Pilih sheet-sheet yang akan dihapus
2.      Pilih Delete Sheet dari menu Edit
Mengganti Nama Sheet
Bila merasa jemu terhadap nama-nama sheet yang ditampilkan pada tab-tab sheet, dapat menggantikannya dengan nama yang lebih sesuai dengan isi sheet masing-masing, yaitu dengan langkah-langkah berikut:
1.      Dobel klik tab sheet yang akan diganti
2.      Pilih Delete Sheet dari menu Edit Untuk mengganti nama sheet, anda juga dapat melalui perintah Rename dari menu Format | Sheet
Mengcopy dan Memindahkan Sheet
Dalam mengcopy atau memindahkan sheet, dituntut untuk lebih berhati-hati, karena perhitungan atau grafik-grafik yang didasarkan pada suatu worksheet mungkin akan menjadi error. Demikian juga bila memindahkan worksheet diantara sheet-sheet yang merujuk pada formula 3-D (baris,kolom,sheet). Boleh jadi hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mengcopy atau memindahkan sheet-sheet ke dalam workbook lainnya, ikutilah langkah-langkah berikut:
1.      Bukalah workbook yang akan digunakan untuk menampung hasil peng-copy-an atau pemindahan sheet-sheet.
2.      Lewat menu windows, aktifkan workbook yang berisi sheet-sheet yang ingin dicopykan atau dipindahkan ke workbook lain
3.      Pilih sheet-sheet yang akan dicopykan atau dipindahkan (buatlah grup sheet)
4.      Pilih perintah Move or Copy Sheet dari menu Edit untuk membuka kotak dialog Move or Copy
5.      Dalam kotak To book, tentukanlah workbook yang akan digunakan untuk menampung hasil Copy atau pemindahan sheet-sheet.

Untuk meng-copy atau memindahkan sheet-sheet ke dalam workbook baru, pilihlah New book.

1.      Dalam  kotak   Before  sheet, pilihlah  sheet  sebelum  sheet  yang  dipilih   akan disisipkan sheet-sheet yang akan dicopy-kan atau dipindahkan.
2.      Bila ingin mengcopy sheet dan bukan hanya memindahkannya saja, maka tandailah kotak periksa Create a copy.

Untuk memindahkan sheet-sheet dalam workbook yang sama, anda dapat mendrag sheet-sheet yang dipilihke sepanjang tab-tab sheet. Sedangkan untuk mengcopynya, tekanlah juga tombol CTRL pada saat anda melakukan drag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar